Mengendarai mobil sebenarnya tidak sesulit yang Anda bayangkan. Meski begitu, tetap dibutuhkan kemampuan yang baik serta kewaspadaan yang tinggi agar Anda selalu aman saat berkendara.

Bagi para pemula yang ingin belajar mobil, mereka umumnya akan memilih mobil manual dibanding mobil matic. Nah, khusus untuk mobil manual, ada beberapa trik yang perlu Anda perhatikan sebelum mengendarainya. Apa saja? Berikut adalah cara menyetir mobil manual yang aman bagi pemula.

  1. Kenali Semua Fitur Mobil

Tips cara menyetir mobil yang pertama adalah mengenali semua fitur mobil. Pastikan Anda sudah menghafal semua fitur-fitur penting pada mobil seperti pedal rem, gas, kopling, klakson, lampu sign, dan lain sebagainya. Selain itu, perhatikan juga bagaimana cara mengubah posisi gigi mobil atau persneling.

  1. Konsentrasi

Belajar mengemudi untuk yang pertama kali memang sangat menegangkan. Namun, pastikan untuk selalu tenang, relaks, dan berkonsentrasi penuh. Hilangkan kekhawatiran atau pikiran-pikiran yang mengganggu dan duduklah dengan nyaman di belakang kemudi layaknya sopir yang sudah mahir.

  1. Nyalakan Mobil

Sebelum menghidupkan mobil, pastikan tuas transmisi atau persneling berada di posisi N (netral). Kemudian, hidupkan mobil dengan cara memutar kunci kontak searah jarum jam dan menginjak pedal kopling. Apabila mesin sudah menyala, baru lepaskan injakan dari pedal kopling.

  1. Jalankan Mobil

Untuk menjalankan mobil, pindahkan tuas transmisi pada posisi gigi 1 dan angkat kaki Anda pada pedal kopling secara perlahan hingga putaran mesin menurun. Lalu, barengi dengan perlahan-lahan menginjak pedal gas. Menyeimbangkan kopling dan gas ini merupakan step yang paling penting untuk Anda perhatikan. Apabila Anda menginjak pedal gas dengan kencang namun kopling belum diangkat, mesin mobil akan menimbulkan suara kasar. Sebaliknya, apabila Anda mengangkat kopling terlalu cepat, mesin mobil akan mati atau mobil berjalan dengan tersendat.

  1. Pindahkan Tuas Transmisi

Apabila Anda sudah berhasil menjalankan mobil, kini saatnya Anda menambah kecepatan mobil dengan cara memindahkan posisi persneling ke gigi 2. Sama halnya ketika akan menjalankan mobil, Anda juga harus selalu menginjak pedal kopling jika ingin memindahkan posisi persneling.

  1. Siaga Rem Saat Gas Sudah Stabil

Jika Anda merasa laju mobil terlalu cepat, maka lakukan pengereman dengan cara memindahkan posisi kaki yang menginjak pedal gas ke pedal rem dan biarkan kaki kiri tetap menginjak kopling. Bagi para pemula, sebaiknya jangan terlalu memikirkan hal-hal yang kompleks dulu saat mengemudikan mobil. Cukup injak rem jika ingin membuat mobil berjalan lebih lambat.

Nah, itulah beberapa tips cara menyetir mobil yang aman bagi pemula. Bagaimana? Cukup mudah, bukan?