Para pemula yang baru belajar mengemudikan mobil transmisi otomatis atau mobil matic biasanya akan mengalami banyak kendala. Terlebih jika sebelumnya terbiasa menggunakan mobil manual, mereka pasti akan membutuhkan waktu untuk membiasakan diri dengan mobil matic.

Perbedaan utama mobil manual dan mobil matic adalah ada dan tidaknya pijakan kopling. Pada mobil manual, Anda harus menginjak kopling terlebih dahulu jika akan berganti gigi. Sementara pada mobil matic, Anda tidak akan menemukan pijakan kopling, yang ada hanya pijakan gas dan rem.

Nah, mengemudikan mobil matic ini sendiri sebenarnya cukup mudah. Beikut adalah cara mengemudi mobil matic beserta tips-tips yang perlu Anda perhatikan.

  1. Langkah Pertama

Pahami terlebih dahulu posisi dan urutan tuas transmisi atau persneling, mulai dari pemindahan tuas untuk maju, mundur, atau menambah kecepatan. Hal ini sangat penting untuk benar-benar Anda pahami agar tidak ada kesalahan saat mengemudikan mobil.

  1. Langkah Kedua

Sebelum Anda menghidupkan mobil, pastikan bahwa tuas transmisi berada pada posisi P (parkir) atau N (netral). Namun, Anda tidak perlu terlalu khawatir akan hal ini, karena para produsen biasanya mendesain mesin mobil tidak bisa hidup jika tuas tidak berada di posisi P atau N.

  1. Langkah Ketiga

Injak pedal rem sebelum menghidupkan mobil, lalu pindahkan tuas transmisi ke posisi D (maju) untuk memajukan mobil atau R (mundur) untuk memundurkan mobil. Setelah itu, angkat pijakan kaki pada pedal rem secara perlahan. Jika mobil sudah bergerak, baru kemudian pindahkan kaki ke pedal gas untuk menambah kecepatan.

Sebagai pengamanan, mobil matic memang didesain tidak bisa dihidupkan apabila pedal rem tidak diinjak terlebih dahulu. Begitu pun saat Anda memindahkan tuas transmisi dari posisi P ke D, P ke R, D ke N, atau N ke D. Jika Anda tidak mengenjak rem, maka tuas tidak akan bisa dipindahkan.

  1. Langkah Keempat

Sesuaikan kecepatan mobil dengan fitur mobil matic yang Anda kendarai. Untuk kecepatan rendah atau tanjakan, Anda bisa memindahkan tuas transmisi ke posisi Low atau D1. Untuk kecepatan tinggi. Anda bisa memindahkan tuas ke posisi S (sport) atau D3.

  1. Langkah Kelima

Terakhir, saat akan memarkir kendaraan, pastikan Anda telah memindahkan tuas ke posisi P (parkir). Jika tidak, maka kunci mobil tidak akan bisa dilepaskan.

Jadi, itulah tips cara mengemudi mobil matic yang perlu Anda perhatikan. Bagaimana, cukup mudah bukan cara mengemudi mobil matic di atas? Semoga bermanfaat!